Pamor bisnis parfum beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan seiring dengan naiknya permintaan akan produk parfum itu sendiri. Begitu juga dengan permintaan terhadap jasa maklon parfum, mengalami kenaikan permintaan selaras dengan tingginya minat untuk berbisnis parfum dengan merek sendiri.
Apa itu Maklon Parfum?
Maklon Parfum adalah jasa pembuatan produk parfum yang disediakan oleh perusahaan maklon parfum. Adapun perusahaan maklon parfum adalah perusahaan yang menerima kuasa produksi parfum dari klien, baik individu maupun perusahaan, dengan spesifikasi yang telah disepakati sebelumnya untuk kemudian produk yang dihasilkan akan dipasarkan dengan brand/merek milik klien.
Pihak perusahaan maklon parfum tidak dibenarkan dan dibolehkan memproduksi produk dengan brand klien tanpa adanya permintaan atau izin dari klien selaku pemilik brand/merek.
Jenis-jenis Parfum yang Dapat Dimaklon
Banyak orang yang belum mengetahui bahwa parfum sendiri memiliki beberapa klasifikasi. Perbedaan yang paling terlihat dari pengklasifikasian ini adalah berdasarkan tingkat konsentrasi aroma, atau sering juga disebut fragrance, yang terkandung di dalam produk. Ada 5 tingkatan jenis parfum berdasarkan kadar aromanya
1. Maklon Extrait de Perfume
Extrait de Perfume adalah produk wewangian yang memiliki kadar atau konsentrasi fragrance yang paling tinggi yakni berkisar antara 15-30%, bahkan beberapa menyebutkan hingga 40%. Daya tahan yang dimiliki sekitar 6-8 jam (bahkan ada yang mengatakan sampai 12 jam).
2. Maklon Eau de Perfume
Eau de Perfume (EDP) yang memiliki kadar fragrance berkisar diangka 15-20%. Ketahanan aroma yang akan diperoleh berkisar antara 4-6 jam dengan EDP ini.
3. Maklon Eau de Toilette
Eau de Toilette (EDT) merupakan jenis wewangian yang memiliki kadar konsentrasi fragrance sekitar 8-15%. Daya tahan penggunaan EDT cenderung tidak lama, hanya sekitar 2-4 jam.
4. Maklon Eau de Cologne
Tingkatan selanjutnya adalah Eau de Cologne (EDC) dengan kadar fragrance berada diangka kisaran 2-8%. Penggunaan EDC dapat bertahan hingga sekitar 2 jam.
5. Maklon Splash Cologne
Jenis wewangian terakhir adalah splay cologne yang memiliki kandungan fragrance terendah, yaitu sekitar 1-3% saja. Ketahanannya pun tidak panjang, hanya sekitar 1 jam.
Prospek Bisnis Parfum
Dikutip dari statista.com, diperkirakan nilai pasar (revenue) bisnis parfum di Indonesia telah mencapai angka $400 juta pada tahun 2022. Angka ini meningkat cukup signifikan dibanding tahun 2021 yang diperkirakan sebesar $338,1 juta. Diprediksi, revenue bisnis parfum akan terus tumbuh hingga mencapai $460 juta ditahun 2026.
Melihat dari data di atas, prospek bisnis parfum masih sangat menjanjikan. Kesempatan untuk memulai Brand Parfum Anda sendiri masih terbuka lebar.
Preferensi market dalam memilih Brand Parfum pun relatif sangat cair, artinya market tidak terlalu fanatik terhadap brand tertentu dan masih terbuka opsi untuk mencoba Brand baru yang masuk ke pasaran.
Bila Anda memperhatikan pergerakan di Marketplace, pertumbuhan sektor parfum juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Mulai dari Brand-brand besar, hingga level UMKM, potensi pasar untuk parfum masih terbuka lebar.