Ada sejumlah alasan mengapa bisnis parfum menjadi sangat digandrungi beberapa waktu belakangan. Satu diantara sekian banyak alasan itu adalah karena bisnis parfum relatif mudah dijalankan dan cepat untuk balik modal. Benarkah demikian?
Alasan yang disebut di atas tidak sepenuhnya salah, juga tidak sepenuhnya benar. Ya memang, banyak orang sudah cukup familiar dengan produk parfum.
Bahkan pada sebagian orang, parfum sudah menjadi salah satu item yang wajib ada di dalam tasnya.
Dilihat dari konteks tersebut, bisa dikatakan kita tidak akan sulit dalam menjalankan bisnis parfum karena orang-orang sudah sangat mengenal parfum.
Kita tidak dihadapkan pada target market yang butuh edukasi panjang, lama, dan intens untuk mengenalkan produk kita.
Tidak hanya masyarakat di kota-kota besar Indonesia, penduduk yang tinggal di kota/kabupaten penyangga pun sudah familiar dan menjadi pengguna parfum.
Bahkan bila kita telusuri media sosial, kita bisa temukan begitu banyaknya toko parfum isi ulang yang berada di wilayah setingkat kecamatan.
Potensi dan peluang bisnis parfum di Indonesia masih sangat besar serta terus tumbuh setiap tahunnya. Dikutip dari Statista.com diperkirakan nilai pasar (revenue) bisnis parfum di Indonesia telah mencapai angka $400 juta pada tahun 2022.
Nilai tersebut naik cukup signifikan bila dibandingkan tahun 2021 yang diperkirakan sebesar $338,1 juta.
Diperkirakan, nilai pasar bisnis parfum akan terus bertambah hingga mencapai $460 juta ditahun 2026.
Memang potensi bisnis parfum di Indonesia sangat besar dan memberikan kesempatan pada kita untuk bisa merasakan ‘wanginya’ hasil dari bisnis ini.
Akan tetapi tidak serta merta ketika kita masuk ke dalam bisnis ini, kita akan mendapat garansi pasti untung dan sukses.
Peluang untuk gagal dan merugi tidak pernah benar-benar tertutup. Wajar saja, namanya juga berbisnis, peluang sukses hadir sepaket dengan peluang gagal.
Kesuksesan dan kegagalan menjadi satu kesatuan yang harus kita terima ketika memutuskan untuk berbisnis. Akan tetapi kita dapat meminimalisir kegagalan dengan melalukan persiapan sebaik dan secermat mungkin.
Berikut ini, Essenza Natural Indonesia sudah merangkum 5 hal yang bisa kita persiapkan sebelum benar-benar terjun memasuki bisnis parfum.
Langkah pertama yang harus benar-benar kita lakukan secara cermat adalah melakukan market research atau riset pasar. Sederhananya kita harus mengamati secara mendalam dan seksama pasar yang kita tuju.
Kita bisa melakukan riset pasar salah satunya dengan melakukan segmentasi pasar.
Ada banyak segmentasi yang bisa kita terapkan, antara lain
Aktivitas riset pasar penting kita lakukan untuk memastikan produk yang kita hadirkan, secara fisik maupun value-nya, dapat diterima oleh pasar.
Langkah selanjutnya setelah selesai melakukan riset pasar adalah menentukan model bisnis dari brand parfum kita.
Model bisnis adalah gambaran bagaimana cara kita/perusahaan kita mengelola sumberdaya untuk menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai, dalam hal ini parfum misalnya.
Produk tersebut kemudian disampaikan kepada pembeli sehingga mereka bersedia membayar dan memberikan pemasukan serta keuntungan untuk bisnis kita.
Salah satu tools yang paling populer untuk membantu kita merancang model bisnis adalah Business Model Canvas (BMC) yang diciptakan oleh Alex Osterwalder dari Strategyzer.
Anda dapat menggunakan BMC secara gratis dengan mengunduh langsung di website-nya. Untuk cara pengisiannya, Anda bisa mengunduh juga panduan resminya atau menonton video tutorial yang sudah tersedia banyak versi di Youtube.
Tahapan berikutnya adalah mulai menyiapkan legalitas usaha. Banyak orang menganggap legalitas usaha bukan hal yang penting dan mendesak sehingga bisa ditunda. Sayangnya ini adalah pendapat yang tidak tepat.
Legalitas usaha justru adalah hal penting dan mendesak yang harus segera diselesaikan di awal ketika kita hendak memulai usaha.
Dengan menyelesaikan urusan legalitas di awal, kita bisa mempertanggung jawabkan bisnis kita dimata hukum. Selain itu, adanya legalitas usaha menaikan kredibilitas kita dimata pelanggan dan calon pembeli.
Beberapa legalitas yang harus disiapkan sebelum memulai usaha antara lain:
Dengan keberadaan setidaknya 4 legalitas usaha di atas, akan membuat calon pembeli lebih yakin untuk melakukan transaksi karena kita serius dalam menjalani bisnis.
Langkah keempat dalam persiapan memulai bisnis parfum adalah menyiapkan modal, yang dalam konteks ini berupa modal finansial.
Anda membutuhkan uang untuk beberapa hal, antara lain:
Langkah terakhir namun tidak kalah penting adalah memilih perusahaan jasa maklon parfum.
Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa maklon parfum. Pastikan Anda memilih perusahaan yang bisa membantu Anda untuk memiliki Parfum dengan Brand Anda sendiri dan memiliki izin edar dari BPOM.
Salah satu perusahaan yang memiliki kualifikasi, izin, dan legalitas yang sesuai adalah PT Essenza Natural Indonesia.
PT Essenza Natural Indonesia merupakan perusahaan yang menawarkan jasa maklon kosmetik, termasuk di dalamnya juga jasa maklon parfum, yang dapat membantu Anda memiliki produk Parfum ber-BPOM dengan Brand Anda sendiri.
Perlu diketahui bahwa menurut Peraturan BPOM No. 12 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika, Parfum termasuk ke dalam kosmetika, lebih tepatnya masuk ke dalam sediaan wangi-wangian.
Sehingga, bila ingin punya Brand Parfum yang bisa dijual bebas di masyarakat, Anda harus memastikan bahwa produk parfum Anda memiliki izin edar atau notifikasi dari BPOM.
Ga perlu bingung, PT Essenza Natural Indonesia siap membantu Anda mewujudkan mimpi menjadi Parfumpreneur selanjutnya!