Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik dan produk kecantikan menjadi salah satu primadona dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih dengan semakin naiknya popularitas media online dan penggunaan internet sebagai salah satu sarana pendukung bisnis.

Meningkatnya tren penggunaan Internet dan media online dalam berbisnis sedikit banyak turut berkontribusi pada industri kosmetika. Saat ini masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang berbagai macam hal, salah satunya adalah bagaimana memulai bisnis kosmetik sendiri.

Ada berbagai macam model bisnis yang dapat dijalankan bila Anda ingin berbisnis kosmetik dan produk skincare atau produk perawatan kecantikan. Anda bisa menjadi bagian dari rantai distibusi Brand yang sudah eksis, seperti menjadi Distributor, Agen, atau Reseller. Atau model bisnis yang kedua adalah dengan menjadi pemilik Brand kosmetik Anda sendiri.

Model bisnis yang pertama adalah hal yang cukup dikenal oleh banyak orang. Berbeda dengan model bisnis yang kedua dimana Anda menjadi pemilik Brand Kosmetik. Sedikitnya ada dua cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, dengan memproduksinya sendiri. Kedua, dengan cara maklon ke pihak lain.

Cara pertama, dengan memproduksinya sendiri, maka Anda harus mempersiapkan sarana produksi yang harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Anda harus membangun pabrik kosmetik sesuai dengan standar-standar yang ditentukan oleh badan yang berwenang (dalam hal ini BPOM RI) untuk kemudian diajukan agar mendapat izin produksi dari Kementrian Kesehatan.

Kurang lebih Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 tahun hingga pabrik Anda bisa melakukan aktivitas produksi. Belum lagi modal finansial yang cukup besar perlu Anda siapkan  (berkisar di atas Rp 5-10 Miliar untuk start awal). Bagi Anda yang ingin segera memulai bisnis kosmetik tentunya cara pertama ini bukan pilihan yang tepat.

Cara kedua, dengan maklon ke pihak lain merupakan pilihan yang dapat dijadikan alternatif yang sangat layak Anda perhatikan. Anda cukup memiliki Merek yang telah didaftarkan ke Ditjen HKI, legalitas usaha, dan modal (finansial dan non-finansial). Selebihnya urusan produksi serahkan kepada pihak pabrik rekanan yang menerima maklon dari Anda.

Waktu yang diperlukan untuk memiliki brand kosmetik sendiri dengan maklon tidak selama cara pertama. Anda tetap butuh menyiapkan waktu sekitar 4-6 bulan hingga produk Anda siap dipasarkan. Modal finansial yang perlu Anda siapkan juga tidak sebanyak bila Anda harus membangun pabrik. Anda bisa mulai membangun brand kosmetik Anda sendiri dengan dana di bawah Rp 100 juta. Bahkan bila Anda punya dana yang terbatas, Anda bisa negosiasi dengan pihak pabrik.

Tertarik untuk memiliki brand kosmetik sendiri dengan cara maklon? Silahkan konsultasikan kepada kami >> HUBUNGI KAMI

About

PT Essenza Natural Indonesia (ESNI) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur kosmetik dan skincare yang berkedudukan di Kota Bogor.